Cara Mencegah dan Pengobatan Keputihan

Pengertian lengkap dari keputihan adalah penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan (vagina) dimana di bagaian tersebut terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau berwarna putih kelabuan encer maupun kental, berbaunya tidak sedap sehingga bisa menyebabkan rasa gatal. Sudah hampir semua wanita telah mengalami keputihan.

keputihan

Masalah keputihan ini adalah masalah sudah sejak lama sekali di alami oleh kaum wanita. Tidak semua wanita juga tahu mengenai apa itu tentang keputihan  dan terkadang wanita persoalan tentang keputihan itu masalah kecil. Padahal kalau para kaum wanita tahu bahwa keputihan ini bisa berakibat fatal sekali kalau lambat di tangani. Tidak hanya bisa menyebabkan kemandulan tetapi keputihan juga bisa mengakibatkan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berakibatkan pada kematian.

Apa sebanarnya keputihan itu? Apa ciri-cirinya? Dan Bagaimana pencegahannya?

Menurut salah satu dokter Spesialis Kebinan dan Penyakit Kandung di  RS Mitra kemayoran Jakarta, Dr. Sugi Suhandi mengatakan keputihan itu adalah caiaran yang keluar dari vagina yang secara berlebihan. Keputiahan ini tidak mengenal batas usia. Keputihan ini bersifat fisiologis (keadaan normal) namun juga bisa bersifat patalogis (disebabkan karena penyakit).   Keputihan fisiologis ini bisa saja terjadi pada masa kesuburan, juga bisa sebelum dan sesdah datang bulan atau menstruasi. Kadang-kadang pada saat itu bisa saja lendir yang keluar berlebihan itu normal. Dan tidak ada menimbulkan gatal dan tidak berbau.

Sedangkan keputihan patologis merupakan keputihan yang terjadi di karenakan oleh infeksi vagina, atau adanya benda asing dalam vagina maupun karena keganasan. Infeksi ini biasanya terjadi akibat dari jamur, bakteri atau protozoa. Ciri-ciri pada keputihan patologis, warnanya tidak seperti lendir. Pada biasanya keputihan patologis biasanya berwarna seperti kelapa susu atau warna hijau kekuning-kuningan bisa juga bercampur darah, itu kalau keputihannya sudah menjadi penyakit.” ujar Dr. Sudi. Ketika keputihan itu sudah menjadi penyakit, wanita yang mengalami keputihsn patologis akan merasakan gatal pada daerah vagina, lendirnya berbau keluar sehingga menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa membuat wanita rawan kena keputihan patologis. Biasanya penyebab dari keputihan patologis ini salah satunya kaerena kuman. Di dalam vagina sebenarnya berbagai macam kuman ada di sana. Flora normal dalam vagina berfungsi untuk menjaga keasaman PH vagina. PH vagina seharusnya antara 3,5 sampai 5,5.

Begitu seorang wanita melakukan hubungan intim(suami istri), makan wanita tersebut terbuka sekali terhadap kuman yang berasal dari luar. Karena itu penyakit keputihan tersebut di dapat dari kuman penyebab dari penyakit kelamin yang di bawa oleh pasangan wanita tersebut. Jadi alangkah baiknya jangan pernah gonta ganti pasangan  dan hindari berhubungan sebelum melakukan pernikahan. Dan hati-hati sekali keputihan patologis juga bisa karena proses keganasan. Salah satu tanda dari kanker leher rahin yakni keputihan yang berbau busuk dan lebih takutnya lagi berdarah. Menurut Dr. Sugi.

Pada wanita yang belum menikah atau berhungan suami istri, juga bisa terkena keputihan. Namun penyebab keputihan tersebut bisa juga terjadi karena memakai handuk bersamaan, menggunakan celana dalam bersamaan, kurang menjaga kebersihan di daerah sekitar vagina, lalu dengan cara cebok yang salah.ha

Gejala keputihan
Keputihan normal (fisiologis)
1. Tidak mengeluarkan bau.
2. Cairan berwarna bening, tidak lengkat dan encer.
3. Terjadinya siklus normal sesudah atau sebelum haid dan tanda wanita tersebut sedang masa subur.
4. Pada gadis muda juga bisa terjadi keputihan sesaat sebelum datangnya masa pubertas, tapi gejala ini akan hilang dengan sendirinya.
5. Biasanya keputihan yang normal itu tidak di sertai dengan rasa gatal di daerah vagina tersebut. Keputihan juga bisa di alami oleh wanita yang lelah atau daya tahan tubuhnya yang lemah. Sebagian besar cairannya itu berasal dari leher rahim, walaupun juga ada yang berasal dari kemaluan wanita yang terinfeksi.

Keputihan abnormal (patologis)
1. Keluarnya cairan yang berwarna putih pekat, putih kehijauan, putih kekuningan atau putih kelabu dari seluran kelamin wanita. Cairan tersebut encer, kental, lengkat bahkan kadang-kadang berbusa.
2. Cairannya itu mengeluarkan bau yang tidak enak atau menyengat.
3. Pada penderita keputihan terdapat rasa gatal serta mengakibatkan iritasi pada vagina.
4. Salah satu cirri-ciri penyakit infeksi pada vagina yang berbahaya seperti: Herpes, Candyloma dan HIV

Penyebab keputihan
Secara umum penyebab keputihan adalah:
1. Ketidak seimbangan hormone.
2. Rusaknya keseimbangan biologis serta keasaman ph di vagina
3. Sering memakai tissue ketika membasuk bagian kewanitaan (baik itu buang air kecil maupun buang air besar).
4. Sering memekai pakaian dalam yang ketat tyang terbuat dari bahan sintetis.
5. Sering memakai WC umum yang kotor.
6. Membilas vagina dari arah yang salah (yakni dari daerah anus ke daerah vagina).
7. Sering bertukar celana dalam.
8. Kurang menjaga kebersihan kewanitaan.
9. Sering berganti-ganti pasangan dalam berhungan sex.
10. Kelelahan yang amat sangat sekali.
11. Stress
12. Sering menggaruk daerah kewanitaan.
13. Tidak menjalani pola hidup sehat.
14. Lingkungan sanitasi yang kotor.

Cara mencegah keputihan
Sebaiknya ketahuilah bagaimana terhindar dari keputihan. Berikut ini tipsnya:
1. Menjaga daerah kebersihan kewanitaan.
2. Membilas vagina yang benar.
3. Jangan suka ganti-ganti pakaian celana dalam dengan orang lain.
4. Lebih berhati-hati dalam penggunakan toilet umum.
5. Jalani pola hidup yang sehat (teratur olahraga, makan-makanan yang alami).
6. Hindari gonta ganti pasangan dalam berhungan sex
7. Bagi wanita yang pernah berhungan seperti suami istri, , setiap tahun alangakah bagusnya melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi apakah ada sel-sel yang berbahaya yang ada pada mulut dan leher rahim.

Pengobatan Keputihan
Saat sekarang ini banyak sekali wanita yang mengalami keputihan. Dan sekarang sudah ada obat herbal alami yang bisa membantu menyembuhkan keputihan yakni jus kulit manggis XAMthone plus. Karena sudah di jelaskan di atas tadi bahwa keputihan itu di sebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri, serta sikap pola hidup seseorang. Di dalam jus kulit manggis XAMthone plus ini sudah lengkap untuk mengobati keputihan. Karena di dalam XAMthone plus ini banyak mengandung akti bakteri, anti jamur, anti inflammatory dan membunuh kuman-kuman penyakit.

XAMthone plus sangat bagus sekali di konsumsi oleh para wanita yang sering mengalami keputihan membunuh kuman atau bakteri

Teh murbei berfungsi untuk membuang racun dalam tubuh yang membahayakan kesehatan salah satunya pada bagian kewanitaan dimana pola hidup yang tidak sehat tadi.

Aturan minum : XAMthone plus di konssi 2xsehari dengan 30ml, teh murbei diminum 3xsehari 1 sachet, dan  Madu Royal Jelly  di pakai 3xsehari 3 sendok makan

Tambahan : Dalam masa penyembuhan  di sarankan sering mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Pantanganya : Rasa makanan yang harus sangat di hindari adalah bersifat manis. Dan makanannya daging sapid an nasi. Faktor fikiran yang harus di jauhkan takut dan fikiran kacau.

Untuk pemesanan dan konsultasi kesehatan bisa hubungi langsung agen XAMthone plus:
RAHMAD FADLI
Hp : 082147013946 (SIMPATI)
Hp : 081993558298 (XL)
Pin BB : 5B1BEB64

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara Mencegah dan Pengobatan Keputihan

  1. I i am so lucky this the web thing works and unfortunately your article certainly helped all of us. Might have you through to that family home advice one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>